Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Aplikasi Android Populer Buatan Orang Indonesia

5 Aplikasi Android Populer Buatan Orang Indonesia

Memperingati HUT Republik Indonesia ke-70, Google memberikan apresiasi kepada anak-anak bangsa yang berhasil menciptakan dan mengembangkan aplikasi populer di Google Play. Siaran pers Google Indonesia pada Kamis menyebutkan bahwa lima aplikasi ini adalah kreasi lokal dengan popularitas tertinggi di antara pengguna Android di Indonesia. Kreasi mereka menunjukkan keragaman wisata, budaya, dan memudahkan pengguna menjalani rutinitas seperti melaporkan masalah dan mendapatkan bantuan transportasi.

Google Play terus mendukung pengembang lokal di Indonesia untuk menunjukkan kreasi mereka kepada dunia dan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pengguna smartphone. Lima aplikasi tersebut adalah:

1. Wisata Lokal

Aplikasi ini menyediakan informasi komprehensif tentang destinasi wisata di Indonesia. Data yang tersedia mencakup atraksi wisata berdasarkan provinsi, taman nasional, dan pulau, lengkap dengan foto, peta, ulasan pengunjung, dan fitur untuk berbagi informasi lewat media sosial. Dilansir dari laman resmi Wisata Lokal, aplikasi ini sangat membantu bagi kalian yang berencana menjelajahi Tanah Air.

2. Qlue: Jakarta Smart City

Qlue adalah aplikasi media sosial yang memudahkan pengguna melaporkan dan mendiskusikan masalah di lingkungan sekitar mereka, seperti sanitasi dan jalan rusak, dengan menggunakan foto dan lokasi. Berdasarkan data Qlue, aplikasi ini bekerja sama dengan pemerintah DKI Jakarta dalam program Jakarta Smart City untuk memonitor dan menyelesaikan masalah-masalah yang dilaporkan. Qlue juga membantu pengguna menemukan bisnis di sekitar mereka dan memberikan ulasan agar bisnis tersebut berkembang.

3. PicMix: Collage Photo Maker

PicMix menawarkan fitur frame dan stiker kreatif yang membuat pengalaman berbagi foto ke media sosial dan aplikasi chatting lebih menyenangkan. Menurut laman PicMix, aplikasi ini sangat populer di kalangan pengguna Android karena kemudahan dan kreativitas yang ditawarkannya.

4. Go-Jek

Google Indonesia menyebutkan bahwa pengalaman "abang ojek" berubah signifikan dengan adanya aplikasi Go-Jek di Android. Merujuk dari data Google, aplikasi ini memudahkan pengguna untuk pergi ke suatu tempat, mengantarkan barang, hingga membeli makanan kapan saja. Pengalaman ini menjadi lebih nyaman, cepat, dan mudah diakses.

5. Traveloka App

Traveloka menawarkan harga kompetitif dan informasi harga net tanpa biaya tambahan atau tersembunyi, yang membuatnya sangat populer di kalangan pengguna Android. Menurut sumber dari Traveloka, aplikasi ini juga memudahkan pengguna untuk memesan hotel dan mencari tiket pesawat murah.

Berdasarkan data Google Indonesia, kelima aplikasi ini tidak hanya menunjukkan kreativitas dan inovasi, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari.