Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Top 10 Aplikasi Android untuk Menjaga Kesehatan

Top 10 Aplikasi Android untuk Menjaga Kesehatan

Kesehatan adalah aspek yang sangat penting bagi setiap orang, terutama bagi individu dengan rutinitas yang padat. Bagi mereka yang sangat sibuk, meluangkan waktu untuk pergi ke dokter untuk memeriksa tekanan darah atau sekadar mengetahui kalori yang telah dikonsumsi dan dibakar bisa menjadi tantangan.

Untungnya, ada beberapa aplikasi di perangkat Android yang membantu pengguna memantau kesehatannya hanya dengan menggunakan smartphone atau tablet. Berikut adalah beberapa aplikasi Android terbaik untuk kesehatan.

1. Nike BOOM

Jika Anda membutuhkan motivasi untuk berolahraga, aplikasi Nike BOOM bisa sangat membantu. Pengguna dapat memilih jenis latihan beserta musik pengiringnya. Aplikasi ini akan memberi semangat dan arahan agar Anda dapat mencapai tahap akhir. Atlet terkenal dalam aplikasi ini juga akan memberikan panduan, seolah-olah membimbing dan menyemangati Anda seperti seorang pelatih profesional. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan jejaring sosial Facebook.

2. Backpacker GPS Trails

Backpacker GPS Trails membantu memberikan arah tujuan saat Anda berlari. Dengan aplikasi ini, smartphone atau tablet Anda akan berfungsi sebagai GPS yang melacak jalur. Lebih penting lagi, aplikasi ini dapat menyimpan rekam jejak kinerja pelari, sehingga Anda bisa membandingkan dengan rekor sebelumnya. Pengguna juga dapat mengirimkan pembaruan ke Facebook.

3. Endomondo Sports Tracker

Bagi mereka yang lebih senang berolahraga di perkotaan, Endomondo Sports Tracker adalah aplikasi yang hebat untuk digunakan. Aplikasi ini menjadi teman setia untuk pelari, pesepeda, dan pejalan kaki. Pertama, aplikasi ini berfungsi sebagai GPS untuk memastikan Anda tidak tersasar di kota manapun. Selain itu, aplikasi ini memberikan umpan balik audio yang akan memotivasi Anda di setiap mil yang telah ditempuh. Endomondo Sports Tracker juga mencatat jarak, waktu, dan kalori yang terbakar. Bagi pengguna yang kompetitif, Anda bisa mencoba untuk mengalahkan rekor waktu tercepat yang pernah ditempuh teman Anda.

4. Calorie Counter

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang membantu pengguna menjaga berat badan. Pertama adalah buku harian makanan, yang mencakup jadwal makan. Fitur ini juga dikombinasikan dengan kalender diet yang melacak jumlah kalori yang dikonsumsi dan dibakar. Ini sangat membantu untuk mengingatkan pengguna dalam mengurangi asupan kalori.

5. BMI Calculator

BMI merupakan singkatan dari Body Mass Index. Dengan BMI Calculator ini, Anda dapat menghitung, menentukan, dan memastikan berat badan Anda berada dalam batas yang sehat.

6. Soleil Organics

Cara lain untuk hidup sehat adalah dengan mengonsumsi makanan organik. Namun, kadang sulit mengetahui apakah label organik pada makanan tersebut asli atau tidak. Soleil Organics adalah aplikasi yang membantu pembeli memastikan mereka tidak tertipu oleh label organik. Aplikasi ini juga memberikan tips tentang makanan apa yang sebaiknya dipilih.

7. Instant Heart Rate Pro

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Dengan Instant Heart Rate Pro, pemilik smartphone atau tablet Android dapat memastikan kesehatan jantung mereka. Aplikasi ini bisa menjadi alat yang akurat untuk mengukur denyut jantung. Pengguna cukup meletakkan jari telunjuk pada kamera telepon, beberapa detik kemudian monitor akan menunjukkan denyut jantung pengguna. Hal ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki masalah dengan jantung.

8. First Aid

Sungguh menyenangkan jika seseorang bisa membantu sesamanya yang membutuhkan pertolongan pertama. First Aid, sebuah aplikasi dari Tim Kesehatan, adalah pilihan terbaik bagi siapa saja yang sedang dalam keadaan darurat. Aplikasi ini memberikan panduan sederhana yang sangat berguna bagi siapa saja yang berusaha membantu orang yang membutuhkan pertolongan.

9. ePocrates

Diagnosis dan pengobatan yang tepat adalah bagian penting dari menjaga kesehatan. Saat seseorang membutuhkan informasi tentang obat medis, ePocrates hadir untuk membantu. Aplikasi ini digunakan oleh mayoritas dokter di Amerika Serikat sebagai referensi obat terkemuka yang ada di pasar.

10. Pocket Yoga

Terakhir, mari bicara tentang kesehatan mental. Pocket Yoga memungkinkan pengguna memiliki akses ke panduan gerakan Yoga yang membantu meredakan stres dan menenangkan pikiran. Anda seperti memiliki instruktur Yoga portabel. Aplikasi ini menyediakan tiga jenis latihan yang berbeda, tiga tingkat kesulitan yang berbeda, dan tiga durasi waktu yang berbeda. Totalnya, ada 27 sesi yang disajikan dalam Pocket Yoga.