Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Segera Hapus 3 Aplikasi HP Android Ini, Bisa Kuras Rekening Anda

Segera Hapus 3 Aplikasi HP Android Ini, Bisa Kuras Rekening Anda

Terdapat beberapa aplikasi yang bisa sangat berbahaya bagi pengguna HP Android. Berdasarkan temuan dari Tim Peneliti Siber ESET, ada tiga aplikasi berbahaya yang sebaiknya segera dihapus. Menurut ESET, aplikasi-aplikasi tersebut dapat mengirimkan malware ke dalam ponsel pengguna.

Jika Anda telah menginstal aplikasi-aplikasi ini, segera hapus untuk menjaga keamanan perangkat Anda. Para peneliti menemukan bahwa malware dalam aplikasi-aplikasi ini menggunakan alat pengembangan aplikasi asli. Namun, alat ini digunakan untuk menyimpan informasi sensitif dan menyulitkan alat keamanan dalam melakukan analisis.

Ketiga aplikasi yang dimaksud adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom.

"Aplikasi yang mengandung XploitSPY dapat mengekstrak daftar kontak, file, lokasi GPS perangkat, serta nama file pada direktori tertentu terkait kamera, unduhan, dan berbagai aplikasi pesan seperti Telegram dan WhatsApp," ungkap tim peneliti ESET, dikutip dari Yahoo News, Kamis (23/5/2024).

"Malware ini juga menggunakan library asli yang sering digunakan dalam pengembangan aplikasi Android untuk meningkatkan kinerja dan mengakses fitur sistem. Dalam kasus ini, library tersebut digunakan untuk menyimpan informasi sensitif seperti alamat dari server C&C, sehingga alat keamanan sulit untuk menganalisis aplikasi," lanjut para peneliti.

Diketahui bahwa sebagian besar korban berasal dari India dan Pakistan.

Malware ini mampu mengakses berbagai informasi termasuk daftar kontak dan GPS perangkat, serta berisiko mengakses informasi keuangan, termasuk perbankan.

Untuk itu, segera hapus ketiga aplikasi tersebut dari HP Android Anda.

Bagaimana Cara Menghapusnya?

Anda bisa menghapus aplikasi berbahaya ini melalui Google Play Store. Berikut langkah-langkahnya:

Buka aplikasi Google Play Store.

Klik ikon Profil dan ketuk "Manage apps and devices".

Cari nama aplikasi yang ingin dihapus.

Klik "Uninstall" untuk menyelesaikan proses ini.

Semoga informasi ini bermanfaat!