Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

10 Aplikasi Android Terbaik & Terpopuler Buatan Indonesia

10 Aplikasi Android Terbaik & Terpopuler Buatan Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan jumlah pengguna Android terbanyak di dunia. Namun, bukan hanya sebagai pengguna, Indonesia juga menghasilkan banyak pengembang sukses yang menciptakan aplikasi dan game Android yang populer.

Aplikasi buatan pengembang Indonesia tidak hanya digunakan oleh orang Indonesia, tetapi juga digemari oleh pengguna di berbagai negara. Jenis aplikasinya beragam, mulai dari aplikasi berita, toko online, kamus online, mobile banking, hingga game.

Oleh karena itu, kali ini Carisinyal akan mengulas daftar aplikasi buatan Indonesia yang paling banyak diunduh di Google Play Store. Aplikasi yang masuk dalam daftar ini adalah aplikasi buatan pengembang Indonesia, bukan aplikasi bertema Indonesia yang dibuat oleh pengembang asing.

Jika Anda penasaran dan ingin mencoba aplikasi buatan Indonesia, artikel ini tepat untuk Anda. Kami telah mengumpulkan beberapa aplikasi populer yang dibuat oleh pengembang Indonesia.

1. GOJEK

Sudah tidak asing dengan aplikasi transportasi online ini? Ya, aplikasi buatan Indonesia ini sangat terkenal. Siapa yang tidak tahu aplikasi GOJEK? Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengenalnya. Melalui aplikasi ini, GOJEK memudahkan konsumennya dalam memesan transportasi berbasis online.

Anda bisa memesan ojek, taksi, bahkan makanan secara online. Anda hanya perlu satu aplikasi ini untuk menikmati berbagai kemudahan. Selain itu, Anda juga bisa memesan tiket melalui GOJEK! Banyak fitur lain yang ditawarkan dalam satu aplikasi super ini.

2. Tokopedia

Mungkin hampir semua pengguna Android di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Tokopedia menjadi salah satu aplikasi marketplace paling populer. Data Similarweb per September 2021 menunjukkan bahwa Tokopedia adalah aplikasi marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia.

Menariknya, aplikasi ini juga buatan Indonesia. Tokopedia adalah aplikasi belanja online di mana Anda bisa membeli berbagai kebutuhan, mulai dari barang elektronik, pakaian, makeup, dan lainnya.

3. Bukalapak

Seperti Tokopedia, Bukalapak juga salah satu aplikasi terpopuler buatan Indonesia yang ada di Play Store. Tercatat bahwa Bukalapak sudah diunduh lebih dari 50 juta pengguna Android di Indonesia! Bukalapak menjadi marketplace nomor 3 yang paling banyak dikunjungi per September 2021.

Di Bukalapak, Anda bisa menemukan berbagai macam kebutuhan dengan belanja secara online. Mau beli apapun, bayar tagihan, bahkan beli pulsa pun bisa dilakukan di Bukalapak!

4. Vidio

Vidio adalah layanan streaming video buatan Indonesia yang diluncurkan pada tahun 2014. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 10 juta kali di Play Store. Lebih dari 50 saluran TV live streaming lokal dan internasional seperti SCTV, Indosiar, RCTI, dan masih banyak lagi ada di Vidio.

Di Vidio, Anda bisa menonton beragam acara mulai dari film, drama, tayangan olahraga, dan lainnya. Banyak konten di Vidio yang dapat dinikmati secara gratis, tetapi jika ingin menikmati semuanya, Anda harus berlangganan.

5. Traveloka

Traveloka adalah aplikasi perjalanan yang membantu Anda memesan hotel, membeli tiket pesawat, dan aktivitas terkait perjalanan lainnya. Dengan lebih dari 10 juta unduhan, Traveloka adalah aplikasi perjalanan yang populer di Indonesia.

Tidak hanya beroperasi di dalam negeri, Traveloka juga sudah go internasional. Salah satu negara di mana Traveloka beroperasi adalah Vietnam.

6. Al Quran Indonesia

Mengingat mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam, aplikasi Al Quran juga populer di PlayStore. Namun, tidak banyak aplikasi Al Quran yang menyajikan bahasa Indonesia dengan fitur yang lengkap.

Jika Anda mencari aplikasi Al Quran berbasis Bahasa Indonesia dengan fitur lengkap, unduh Al Quran Indonesia. Aplikasi ini menyediakan fitur audio, pencarian ayat, arah kiblat, dan kalender Hijriyah. Hebatnya lagi, Anda bisa mengakses aplikasi ini secara offline!

7. Bus Simulator Indonesia

Bus Simulator Indonesia adalah salah satu permainan buatan Indonesia yang paling banyak diunduh di Android. Hingga September 2021, lebih dari 50 juta pengguna Android telah mengunduh aplikasi ini.

Tidak hanya orang Indonesia, pengguna dari luar negeri juga banyak yang mengunduh aplikasi ini, terlihat dari banyaknya komentar pengguna luar negeri, terutama dari India.

Bus Simulator Indonesia adalah salah satu permainan simulasi bus paling populer di Android. Dengan fitur menarik dan grafis yang bagus, tidak heran banyak yang menyukai permainan ini.

8. Ruangguru

Ruangguru adalah salah satu aplikasi pendidikan paling populer di Indonesia. Melalui aplikasi ini, para siswa dapat mengakses video pembelajaran, soal latihan, les privat, tryout, dan banyak lagi dari smartphone mereka.

Bahan pembelajaran tersedia untuk berbagai jenjang mulai dari SD, SMP, hingga SMA sesuai kurikulum nasional dan dirancang oleh pendidik berpengalaman.

9. Kamus Inggris (Kamusku)

Kamusku adalah aplikasi kamus Inggris-Indonesia dan sebaliknya. Aplikasi ini dapat digunakan secara offline, sehingga Anda tidak perlu terhubung ke internet. Kosakata dalam kamus ini cukup lengkap, dari yang populer hingga yang jarang dikenal.

Menariknya, jika kata yang Anda cari tidak ada dalam kamus offline ini, aplikasi akan mencari maknanya secara online melalui Bing Translator. Kamusku dibuat oleh pengembang Kodelokus asal Bandung. Salah satu aplikasi Android terpopuler buatan Indonesia ini dapat digunakan untuk perangkat dengan Android 2.2 ke atas.

10. Tebak Gambar

Tebak Gambar adalah sebuah kuis yang cukup populer di salah satu stasiun televisi di awal tahun 2000-an. Kini kuis tersebut kembali populer berkat game Tebak Gambar yang dibuat oleh tebakgambar.com.

Dalam game ini, kita harus menebak kata yang disiratkan oleh sebuah gambar. Semakin tinggi levelnya, semakin sulit pula gambar yang harus ditebak. Ingin mencoba? Unduh di sini.

Selain berbagai macam aplikasi dan game di atas, masih banyak aplikasi lain yang dibuat oleh pengembang Indonesia. Namun, jumlah pengunduhnya masih kalah jika dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi di atas.

Semoga ke depannya makin banyak anak bangsa yang bisa menciptakan aplikasi Android terpopuler bagi pengguna di dalam dan luar negeri.