Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemilik Android, Segera Hapus 3 Aplikasi Ini

Pemilik Android, Segera Hapus 3 Aplikasi Ini

Peneliti siber dari ESET menemukan tiga aplikasi berbahaya yang perlu segera kalian hapus jika ditemukan di perangkat Android. Aplikasi tersebut adalah Dink Messenger, Info Sim, dan Defcom, yang dapat menyebarkan malware berbahaya ke dalam ponsel kalian.

Malware tersebut menargetkan pengguna di India dan Pakistan, dengan kemampuan mengakses berbagai informasi pribadi. Menurut ESET, malware ini dapat mengakses daftar kontak, GPS perangkat, serta informasi perbankan yang sensitif.

"Aplikasi yang mengandung XploitSPY mampu mengekstrak daftar kontak, lokasi GPS, dan file yang ada di direktori tertentu seperti kamera, aplikasi pesan, hingga download," kata peneliti ESET, dikutip dari Yahoo News.

Peneliti menjelaskan bahwa malware ini menggunakan alat pengembangan aplikasi asli, yang justru mempersulit perangkat keamanan mendeteksi ancaman. Berdasarkan laporan ESET, malware ini juga memanfaatkan library asli untuk menyimpan informasi sensitif dan menghindari deteksi.

Malware tersebut mampu menyimpan data sensitif seperti alamat server C&C yang digunakan untuk komunikasi dengan penyerang. Hal ini membuat keamanan perangkat semakin sulit melakukan analisis lebih lanjut terhadap aplikasi yang terinfeksi, menurut ESET.

Untuk melindungi diri, kalian disarankan segera memeriksa apakah aplikasi tersebut terpasang di perangkat Android kalian. Jika ditemukan, hapus aplikasi segera melalui Google Play Store dengan mengakses "Manage apps and devices" di ikon Profil, lalu pilih aplikasi yang ingin dihapus dan klik "Uninstall".

Mengambil langkah ini akan membantu menjaga keamanan data kalian dari ancaman malware yang semakin berkembang.