Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Messenger Kids: Aplikasi Pesan Aman untuk Anak di Bawah 13 Tahun

Messenger Kids Aplikasi Pesan Aman untuk Anak di Bawah 13 Tahun

Facebook meluncurkan Messenger Kids, aplikasi pesan yang ditujukan untuk anak-anak di bawah 13 tahun, sesuai dengan aturan jejaring sosial tersebut. Aplikasi ini memungkinkan anak-anak berkomunikasi dengan orang tua dan teman yang sudah disetujui oleh orang tua. (dikutip dari Associated Press).

Aplikasi ini dirancang untuk memberikan kontrol penuh kepada orang tua. Anak-anak tidak dapat menambahkan kontak baru atau menghapus pesan, serta tidak bisa membuat akun Facebook sendiri. Semua pengelolaan dilakukan melalui akun Facebook orang tua. (merujuk dari laman Facebook).

Messenger Kids diluncurkan pertama kali di Amerika Serikat pada 4 Desember sebagai aplikasi eksklusif untuk perangkat Apple, seperti iPhone, iPad, dan iPod Touch. Versi Android dan Amazon akan tersedia menyusul. (dilansir dari laman resmi Apple).

Menurut Kristelle Lavalle, seorang psikolog yang terlibat dalam pengembangan aplikasi ini, Messenger Kids memberikan alat yang aman bagi anak-anak untuk menggunakan media sosial di bawah pengawasan orang tua. Lavalle menambahkan bahwa aplikasi yang ada saat ini belum dirancang khusus untuk kebutuhan anak-anak. (dikutip dari Center on Media and Child Health, Harvard University).

Facebook menegaskan bahwa Messenger Kids tidak akan menampilkan iklan atau mengumpulkan data anak-anak untuk tujuan pemasaran. Undang-undang Federal di Amerika Serikat melarang perusahaan internet mengumpulkan informasi pribadi dari anak-anak di bawah 13 tahun tanpa persetujuan orang tua. (merujuk dari laman Federal Trade Commission).

Namun, James Steyer, CEO dari Common Sense Media, menyampaikan bahwa meskipun aplikasi ini melibatkan izin orang tua, ada kekhawatiran terkait transparansi kebijakan Facebook. Dia mempertanyakan apakah orang tua dapat yakin bahwa Facebook tidak akan memanfaatkan data atau iklan dalam aplikasi ini. (dikutip dari Common Sense Media).

Meskipun begitu, Stephen Balkam, dari Family Online Safety Institute, menyebutkan bahwa banyak anak di bawah 13 tahun yang sudah memiliki akun Facebook dengan atau tanpa izin orang tua. Balkam menekankan pentingnya aplikasi seperti Messenger Kids untuk menjaga keamanan online anak-anak. (berdasarkan data Family Online Safety Institute).