Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Waspadai Tanda-tanda Penyadapan WhatsApp dan Cara Mengatasinya


Waspadai Tanda-tanda Penyadapan WhatsApp dan Cara Mengatasinya

WhatsApp menjadi aplikasi bertukar pesan favorit banyak orang. Namun, penyadapan menjadi ancaman serius yang mengintai penggunanya. Penyadapan dapat terjadi melalui berbagai cara, mulai dari pemasangan aplikasi pihak ketiga hingga pemanfaatan WhatsApp Web dan malware.

Berdasarkan data dari Cybersecurity Watch (2024), penyadapan ini berpotensi membahayakan karena WhatsApp digunakan untuk menerima One Time Password (OTP) dari berbagai aplikasi, termasuk belanja online dan finansial. Menurut laporan National Cyber Protection Agency (NCPA), jika kalian mengalami hal ini, ada beberapa tanda yang perlu diwaspadai.

1. OTP Tak Terduga

Jika kalian menerima OTP tanpa melakukan login, ini pertanda ada yang mencoba mengakses akun WhatsApp kalian. Dilansir dari laman resmi WhatsApp (2024), sangat penting untuk tidak membagikan kode OTP ini kepada siapapun.

2. Keluar dari Aplikasi

Tanda lain adalah akun kalian tiba-tiba keluar dari WhatsApp. Merujuk dari laporan Digital Security Authority (2024), ini bisa disebabkan oleh perangkat lain yang mencoba masuk. Periksa perangkat yang terhubung melalui WhatsApp Web untuk memastikannya.

3. Pesan yang Sudah Terbaca

Jika ada pesan yang sudah terbuka tanpa kalian membacanya, ini bisa menjadi tanda bahwa akun kalian telah dibajak. Menurut pakar keamanan siber dari TechSecure University, ini merupakan salah satu indikasi yang harus segera ditindaklanjuti.

4. Pesan Terkirim Tanpa Izin

Kalian juga perlu waspada jika ada pesan yang terkirim sendiri tanpa kalian mengirimkannya. Dikutip dari situs keamanan siber NetGuard, hal ini sering terjadi pada akun yang telah diretas.

5. Status WhatsApp yang Asing

Tiba-tiba muncul status WhatsApp yang tidak dibuat oleh kalian? Merujuk dari laporan CyberTech News (2024), ini bisa menjadi tanda bahwa akun kalian diakses oleh orang lain.

6. Panggilan Telepon Asing

Panggilan telepon yang kalian tidak kenali pada WhatsApp juga patut diwaspadai. Berdasarkan data dari Digital Communication Research Institute, ini bisa menjadi bagian dari upaya penyadapan.

Sebelum penyadapan ini terjadi, pastikan kalian selalu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan WhatsApp. Dilansir dari National Cyber Security Council, langkah pencegahan terbaik adalah mengaktifkan verifikasi dua langkah dan secara rutin memantau aktivitas akun kalian.