Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tren Aplikasi Android yang Paling Populer di 2024

5 Tren Aplikasi Android yang Paling Populer di 2024

Aplikasi Android terus berkembang pesat. Saat ini, jumlah aplikasi Android di berbagai platform seperti Google Play, Amazon App Store, GetJar, Aptoide, dan Opera Mobile telah mencapai lebih dari 5 juta aplikasi. Berdasarkan data dari Google Play, jumlah ini jauh melampaui aplikasi iOS yang hanya sekitar 3 juta aplikasi.

Peluang Pasar Aplikasi Android di Dunia dan Indonesia

Di era teknologi tinggi ini, bisnis harus meningkatkan kinerjanya untuk bertahan dalam kompetisi. Mayoritas transaksi uang dilakukan secara online melalui smartphone. Menurut laporan Hootsuite, pada akhir 2019, jumlah pengguna smartphone di Indonesia mencapai 355,5 juta orang, melebihi jumlah penduduk yang hanya 268,2 juta. Artinya, hampir 50% penduduk Indonesia menggunakan smartphone untuk berbagai aktivitas.

Peluang pasar yang besar ini mendorong pertumbuhan bisnis startup di Indonesia. Dilansir dari beritasatu.com, lembaga riset CHGR memproyeksikan jumlah startup berbasis teknologi di Indonesia tumbuh 6,5 kali lipat dari 2.000 pada 2016 menjadi sekitar 13.000 pada 2024. Jumlah ini tertinggi di Asia Tenggara.

Tren Pengembangan Aplikasi Android di 2024

Tren pengembangan aplikasi Android di 2024 menunjukkan beberapa inovasi signifikan. Berikut adalah lima tren utama:

Kotlin: Diproyeksikan untuk menggantikan Java sebagai bahasa pemrograman utama. Kotlin memungkinkan pengembangan aplikasi yang lebih cepat dan efisien.

Flutter: Dikembangkan oleh Google, Flutter memungkinkan pembuatan aplikasi untuk Android dan iOS sekaligus dengan biaya dan waktu yang lebih hemat.

Android Things 1.0: Sistem operasi ini dirancang untuk perangkat Internet of Things (IoT). Berdasarkan data dari Google, Android Things memungkinkan integrasi API Android dengan sensor dan aktuator untuk aplikasi IoT.

Android AI Assistant: AI dan Machine Learning terus berkembang. Menurut laporan dari IBM Watson, asisten virtual seperti Google Assistant dan IBM Watson membawa inovasi signifikan dalam interaksi pengguna.

TV Android: Android telah merambah ke pasar TV pintar, dengan TV Android memiliki pangsa pasar 40%. Dilansir dari situs resmi Google, TV Android memberikan akses ke Google Play Store sehingga pengembang dapat mengoptimasi aplikasi untuk layar lebar.

Kesimpulan

Tahun 2024 menjadi tahun yang penting bagi perkembangan aplikasi Android. Inovasi dan perubahan dalam teknologi memungkinkan pengembang dan pelaku bisnis untuk terus berkembang. Merujuk dari laman resmi Ajaib, terus kembangkan portofolio investasi dengan platform yang efisien dan integritas tinggi.