Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Ponsel Galaxy Anda

Cara Menghapus Cache dan Data Aplikasi di Ponsel Galaxy Anda

Saat Anda menggunakan ponsel, aplikasi seringkali menyimpan data sementara. Jika data yang disimpan terlalu banyak dan tidak diperlukan, ruang penyimpanan ponsel bisa saja tidak mencukupi. Ketika ponsel Anda kehabisan ruang penyimpanan atau mulai berjalan lambat, membersihkan cache aplikasi dan data bisa membantu memperbaikinya. Berikut adalah panduan untuk membersihkan cache dan data aplikasi.

Sebelum mencoba langkah-langkah di bawah, pastikan bahwa perangkat lunak ponsel Anda dan aplikasi terkait telah diperbarui ke versi terbaru. Untuk memperbarui perangkat lunak ponsel Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

    Buka Pengaturan > Pembaruan Perangkat Lunak.

    Ketuk opsi "Unduh dan Instal".

    Ikuti petunjuk yang muncul di layar.

Gunakan Fitur Perawatan Perangkat untuk Menghapus Cache Aplikasi Sekaligus

Perawatan perangkat memungkinkan Anda untuk membersihkan data yang tidak perlu dalam cache aplikasi secara cepat. Fitur ini membantu menjaga agar ponsel tidak menjadi lambat dan meningkatkan kinerjanya secara keseluruhan. Ikuti langkah-langkah di bawah untuk membersihkan data cache menggunakan fitur Perawatan Perangkat.

Buka Pengaturan, lalu pilih "Perawatan Perangkat dan Baterai".

Ketuk "Optimalkan Sekarang". Fitur Perawatan Perangkat akan secara otomatis mengoptimalkan ponsel dan membersihkan cache aplikasi.

Fitur Pengoptimalan Perawatan Perangkat meningkatkan kinerja ponsel melalui langkah-langkah berikut:

    Menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang.

    Mengelola penggunaan baterai yang tidak normal.

    Memindai aplikasi yang bermasalah dan malware.

Jika Anda ingin mengatur perangkat untuk melakukan pengoptimalan secara otomatis ketika tidak digunakan, ketuk "Opsi Lainnya" > "Otomatisasi" > "Optimalkan Otomatis Setiap Hari", lalu aktifkan opsi tersebut dengan menekan sakelar.